Mei 19, 2013

Seleksi AFS/YES tahap 2

Berhubung seleksi tahap 2 itu hari ini yah, kenapa ga sekalian ditulis aja. agree??
hari ini itu seleksi yang tahap ke2. wawancara bahasa inggris dan kepribadian.
hari yang ditunggu pun tibaaaaa..
pagi-pagi banget udah gelisah harus bangun, diantara gelapnya hari minggu dan sunyi jalan di pagi minggu itu harus berangkat sendiri naek motor. well, as u know.. if u driving by urself rasanya kseeeel banget kalo ada beberapa orang yang suka kepo ngeliat. huff.. lupainlah. sampe disana, lagi nyari temen baru nih, soalnya temen yang dari jambi kemaren belum berhasil dan yang dari babel kemarin masih engga tau dimana alias belom dateng~

singkatnya aja deh, lagi duduk sendirian, ternyata diujungujung gitu I saw my friend Kila! yang dari babel, dia lagi ngobrol sama 2 anak baru nih, lumayan kan nambah temen :D namanya Dita dan Danti (eaaa)
mereka dari lampung nih 2-2 nya tapi beda sekolah namun senasib sama kaya aku dan Kila.. senasib? why? yah we're the same person with each brave hearts yang lulus eaa, aku sih emang sendirian dari sekolah ._.

kami duduk diantara pot bunga palingggggggg belakang. dan you know what, kalo urutannya nanti bakalan dari kursi depan, kami sekatika imagining berapa lama-kah 4 anak ini bakal diwawancara. kurang lebih 3O menit kemudian baru deh dapet kursi! bayangin, dapet kursi?? yah karena "otak curang tadi" kira-kira 2O menit kemudian kita udah pada duduk dikursi depan dengan map berisi berkas ditangan! gotcha!!

yang duluan dipanggil itu Dita sama Danti, lalu Kila dan aku terakhir. waktu masuk, ada kakak returnee yang bantuin, dia ngasih tau meja yang bakalan ngewawancarain aku. *seketika hening* ternyata bukan seorang kakak returnee yang diharapkan tapi seorang bapak-bapak umur 30-an ke atas lagi, yah ga selera banget dah. lol.

yang pertama itu wawancara bahasa inggris.
ditanyain tentang MOTIVASI ikut program ini, trus KEGIATAN yang sedang dijalani, trus HOBI ku, lalu ALASAN MEMILIH NEGARA TUJUAN, ada lagi APA YANG BAKALAN KALIAN TUNJUKAN KEPADA ORANG-ORANG LUAR KALO INDONESIA ITU BUKAN NEGARA YANG KORUP dan anything negatives lah. dan rata-rata pertanyaannya sama buat wawancara bahasa Indonesia.
yang jelas pertanyaannya itu kebanyakan sama tapi yah tergantung dari si-pewawancaranya.

cerita singkat waktu lagi nungguin wawancara bahasa indonesia nih, kebanyakan kakak-kakak returnee-nya itu need you to show who you are, malah mungkin kalo kalian nyebutin hobi kalian nyanyi, masak, tari atau seni bela diri disuruh show up! dan yah, nyatanya saya cuma disuruh description a recipe, aku sih milih salad aja, soalnya yang paling mudah dan biar cepet gitu lah.

sekadar tips nih, jangan pelit senyum!! apalagi kalo yang wawancaranya jutekkk banget kayak yang terjadi sama aku! gak ada senyum-senyumnya, tapi pas aku cerita dan try to open minded, mulai deh ngejinak dan ngajak becanda, siaaah!
trus, jujur! soalnya kalo cuma bikin everything seems fake yah percuma banget, namanya juga test yah harus jujur dungg demi impian.
yang terakhir nih, kenapa enggak searching some infos about your dream country? siapa tahu nanti ditanyain tentang culture dan what's interesting if you are there. kebanyakan pewawancaranya itu suka yang unik dan menyakinkan, kalo ditanya bisa yah harus bisa kalo enggak yah enggak :)

tinggal nungguin pengumuman hasilnya nih, a lil bit nervous but inside I'm mess up!
somehow, tomorrow I have a pretest
dan bahan-bahan buat praktek besok belum ke-beli xD
have a good day ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar